Rabu, 08 Agustus 2012

 PERKEMBANGBIAKAN MAKHLUK HIDUP

 

 

Perkembangbiakan hewan ada dua cara,yaitu perkembangbiakan secara kawin
(seksual/generatif) dan tak kawin (aseksual/vegetatif).

  1.  Perkembangbiakan Hewan secara Generatif


            Perkambangbiakan hewan secara generatif terjadi jika ada pembuahan.Pembuahan adalah proses peleburan sel kelamin jantan dengan sel kelamin betina.
            Proses pembuahan umumnya berlangsung di dalam tubuh induk betina,yang dikenal dengan istilah pembuahan internal.Namun,pada beberapa hewan tertentu proses pembuahan berlangsung di luar tubuh induk betina.Proses pembuahan demikian disebut pembuahan eksternal.

            Perkembangbiakan hewan secara generatif dilakukan dengan tiga cara,yaitu bertelur,melahirkan,serta bertelur sekaligus melahirkan.

    • Bertelur(ovipar)

      Ovipar berasal dari kata ovum yang berarti telur.Ovum dihasilkan oleh hewan betina dan akan dibuahi oleh sperma yang dihasilkan oleh hewan jantan.

      Contoh hewan yang berkembangbiak dengan cara bertelur adalah katak,ikan,burung,dan reptil.Pada katak dan ikan proses pembuahan ovum oleh sperma terjadi di luar tubuh,sedangkan burung dan reptil terjadi di dalam tubuh.Berikut ini kita akan membahas tentang cara prkembangbiakan katak,ikan,burung unta,dan gurame.

       

      1. Katak

      .   Perhatikan gambar disamping!Katak jantan bertubuh palibg kecil dari katak betina berada di atas tubuh katak betina.Hal


 

 

 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar